Kamis, 21 Februari 2013

APLIKASI LAPTOP PLPG 2013

Jaman sudah semakin canggih. Perkembangan teknologi berkembang dengan pesat. Sehingga sebagai seorang Guru, kitapun juga kena imbasnya. Mau tidak mau kita harus mengimbangi perkembangan tersebut dengan banyak belajar dan belajar. Terutama tentang IT. Jangan sampai murid-murid kita sudah mahir mengoperasikan dan menggunakan ponsel-ponsel canggih, Ipad, laptop, dsb. sementara gurunya tidak tahu menahu tentang hal tersebut, bahkan kenalpun tidak. Wah, bisa berabe !
     Saya ikut mendukung program sertifikasi yang memprogramkan bahwa sebagian atau berapa persen dari gaji sertifikasi harus dibelanjakan untuk menunjang pembelajaran, misalnya untuk pembelian laptop. Dengan demikian suatu saat nanti akan  terwujud satu guru satu laptop. Gurunya canggih, muridnyapun canggih. Demi kemajuan pendidikan bangsa saya rasa Bapak Ibu Guru tidak merasa keberatan, iya kan ?
     Sekarang ini sudah mulai dirintis untuk pelaksanaan PLPG. Bapak/Ibu Guru yang akan mengikuti PLPG dianjurkan bahkan ada yang  mewajibkan untuk membawa laptop. Tentunya bukan hanya membawa lho, tetapi juga harus bisa mengoperasikannya. Sebuah tantangan yang harus dihadapi !
     Ngomong-ngomong soal laptop, sebagaimana judul postingan diatas, saya mempunyai link download aplikasi-aplikasi yang mungkin belum terinstal di laptop Bapak/Ibu Guru. Menurut pendapat saya aplikasi-aplikasi di bawah ini perlu ada di laptop Bapak/Ibu Guru untuk menunjang pelaksanaan PLPG nanti. Kalau sekiranya Anda sependapat dengan saya, silakan download/unduh aplikasi mana yang Anda butuhkan.

1.POSTERIZA
     Aplikasi ini berfungsi untuk memperbesar gambar ( membuat poster ). Jadi kalau Anda nanti mau praktek  mengajar di PLPG dan memerlukan alat peraga gambar dua dimensi berukuran besar maka tidak perlu susah-susah nyari konter foto copy, cukup gunakan aplikasi ini dilaptop Anda, ditambah gunting dan lem sudah siap dipakai. Penggunaannya mudah dan bisa ditambah tulisan-tulisan ataupun bingkai. Ketajaman gambar cukup bagus.

    
Anda berminat untuk mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini :


2. KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA ( KBBI )
      Sudah bukan barang baru lagi bagi Bapak/Ibu Guru. Kamus ini harus selalu ada ketika kita mengajar Bahasa Indonesia. Ingatan kita terbatas, sehingga pasti kita butuh alat pembantu mengingat arti kata-kata yang beribu-ribu macamnya. Kalau Bapak/Ibu merasa keberatan membawa buku kamus yang tebal itu, akan lebih baik kalau mengunduh aplikasi KBBI di bawah ini dan taruh di laptop Anda.

 
 Kalau Anda berminat dan ingin mengunduhnya, silakan pilih salah satu link di bawah ini :

3. PERIBAHASA INDONESIA
     Seringkali kita sebagai guru Bahasa Indonesia harus bolak-balik buku untuk mencari berbagai peribahasa yang sesuai dengan apa yang kita ingin ajarkan. Namun itu cerita dulu, berkat kemajuan teknologi terutama banyaknya guru-guru yang memakai laptop kini buku peribahasa pun ikut bermodernisasi menjadi sebuah aplikasi yang bisa diinstal langsung di laptop masing-masing guru.
Aplikasi ini tidak hanya berguna bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia tapi juga untuk siswa-siswi anda biar mereka tak perlu repot mencari buku peribahasa lagi.



Bagi yang berminat silakan unduh lewat link di bawah ini : 


4. AKRONIM
     Akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Misal rudal untuk peluru kendali, mayjen untuk mayor jendral, sidak untuk inspeksi mendadak, dll.
     Kadang-kadang kita lupa kepanjangan suatu AKRONIM. Wajar manusia daya ingatannya terbatas, karena yang dipikir bermacam-macam. Nah, ini ada aplikasi yang siap membantu Anda untuk mengingat kepanjangan dari AKRONIM. Anda tinggal download dan instal di Laptop Anda. Beres !



Anda ingin mendownload/mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini :


5. KALKULATOR
    RedCrab adalah software kalkulator scientific gratis yang dilengkapi dengan full screen formula editor. Software ini sangat berbeda dari software kalkulator pada umumnya, karena dengan menggunakan RedCrab, anda bisa memasukkan ekspresi matematika di window editor yang didesain sangat mirip seperti lembaran kertas! Tentu saja ini sangat berbeda karena software kalkulator lainnya hanya bisa memasukkan perintah matematika melalui di command line saja.
RedCrab Scientific Calculator ini bisa anda gunakan untuk memasukkan persamaan aljabar kompleks seperti pecahan, akar, eksponen, dll. Ketika memasukkan ekspresi matematika, anda pun bisa melakukan copy, paste, dan edit layaknya di sebuah typewriter biasa.
RedCrab Scientific Calculator memungkinkan anda untuk menyimpan, mengedit, serta mengeprint persamaan, rumus, maupun perhitungan yang telah anda lakukan dalam bentuk word processing program. RedCrab ini sangat fleksibel, bisa mengimpor gambar dan teks untuk menggambarkan proses kalkulasi yang kompleks.
Sementara ini, saya belum menemui software kalkulator scientific gratis dengan fitur yang selengkap RedCrab Scientific Calculator.  

                                                                                                                                                               Bagi anda yang ingin memiliki RedCrab Scientific Calculator ini, silahkan download link di bawah ini :


6. FOXIT READER
      Foxit Reader adalah sebuah software gratis yang berfungsi untuk membaca file PDF dan juga memiliki kemampuan untuk memutar file-file audio dan video yang ada didokumen PDF tersebut. Software sangat diperlukan bila di laptop Anda belum terinstal Adobe Reader. Kelebihan dari Foxit Reader ini adalah filenya kecil, sehingga tidak memberatkan memori laptop Anda.


Anda berminat untuk mendownloadnya, silakan klik link download di bawah ini :


7. KAMUS ARAB-INDONESIA/INDONESIA-ARAB
Al Mufid adalah sebuah program kamus Arab <-> Indonesia untuk sistem operasi Windows.
Fitur
  • Unicode Based, Al Mufid adalah aplikasi berbasis Unicode sehingga lebih cepat dalam memproses complex text seperti text arab.
  • Minimalis User Interface, Al Mufid memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.
  • Alphabetic Virtual Keyboard, Al Mufid dilengkapi dengan sebuah virtual keyboard arab dan latin yang disusun secara alpabetik sehingga sangat membantu pengguna yang tidak terbiasa dengan susunan huruf-huruf di keyboard terutama keyboard arab. 
System operasi
Untuk menjalankan Al Mufid disarankan menggunakan sistem operasi Windows 200 atau XP. Karena Al Mufid berbasis Unicode maka tidak bisa dijalankan di Windows 95, 98 dan ME.
Bagi pengguna Vista perlu mendownload updatenya, setelah di download buka file Mufid_xp_vista.zip lalu copykan file Mufid.exe ke folder C:\Program Files\Mufid.



Anda berminat untuk mendownloadnya, silakan pilih link download di bawah ini :

Update untuk Vista

8. KAMUS INDONESIA-INGGRIS / INGGRIS-INDONESIA
      Aplikasi kamus ini berbeda dengan aplikasi kamus yang lain, ia mencoba memfasilitasi terjemahan dan juga membantu dalam membaca. Kelebihannya adalah :
 - Ukurannya yang cukup kecil
 - Antarmuka penggunanya mudah dan sederhana
 - Pencarian yang cepat
 - Pencarian otomatis antara Bahasa Inggris dan Indonesia. 
 - Database lebih dari 41.000 kata Inggris-Indonesia, 35.000 kata Indonesia-Inggris dan lebih dari 64.000
    frase. 
System Operasi :
 -Windows 9x/ME/NT/XP/2003/Vista/7
 - Pentium II dengan 32 MB RAM 


    Anda berminat untuk mendownloadnya, silakan pilih link downloadnya di bawah ini :
9. CARAKAN ( HANACARAKA )
     Ini adalah aplikasi yang cocok untuk Bapak/Ibu Guru Bahasa Jawa. Aplikasi ini penggunaanya sangat mudah sehingga kita akan mudah untuk belajar membaca dan menulis huruf Jawa (Hanacaraka).


 Anda berminat untuk mengunduhnya, silakan klik link di bawah ini :


     Demikian tadi sedikit tentang aplikasi-aplikasi yang mungkin dapat berguna bagi Bapak/Ibu Guru yang akan mengikuti PLPG. Semoga bermanfaat khususnya bagi saya sendiri, dan umumnya bagi Bapak/Ibu Guru di seluruh Indonesia. Dan ucapan terima kasih kepada Beliau-beliau yang menciptakan aplikasi-aplikasi tersebut, semoga karyanya dicatat sebagai amal kebaikan yang abadi. Amin !


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...